Cari di Blog Ini

Followers

Thursday, October 18, 2018

Penerapan Literasi Digital Pada Anak Sekolah Di Pasangkayu

Baca Juga

Para pelajar di salah satu SMK Negeri di Kabupaten Pasangkayu foto bersama usai mengikuti literasi digital yang dilaksanakan Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kabupaten Pasangkayu. (KOMINFOPASANGKAYU)
Para pelajar di salah satu SMK Negeri di Kabupaten Pasangkayu foto bersama usai mengikuti literasi digital yang dilaksanakan Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kabupaten Pasangkayu. (KOMINFOPASANGKAYU)

PASANGKAYU, lenterasulawesi - Perkembangan teknologi informasi dan media sosial (medsos) memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan cepat, dimana medsos menjadi peranan penting dalam mendistribusikan sebuah informasi, sehingga generasi digital yang pada umumnya masih kalangan pelajar, mempunyai karakteristik aktif dalam medsos seperti facebook, twitter, path, instagram, youtube, WhatsApp dan lain-lain.

Generasi ini mempunyai sikap yang cenderung lebih terbuka, blak-blakan, serta berfikir lebih kritis dan agresif. Mereka, generasi digital atau milenial memilih berekspresi bebas di sosmed dan tidak menyukai jika harus diatur atau dikekang. Media komunikasi mereka seperti  handphone, tablet dan smart komputer lainnya menjadi teman keseharian, dan secara fisik mereka akan tampak autis dan menyendiri, namun kenyataannya pikiran mereka tengah berjalan menelusuri sisi kehidupan baru yang disebut dengan dunia maya.

Hal itulah membuat Dinas Komunikasi Informasi (Kominfo), Persandian dan Statistik Kabupaten Pasangkayu melaksanakan kegiatan penerapan literasi digital pada anak sekolah di Kabupaten Pasangkayu yang berlangsung mulai akhir Agustus hingga akhir September 2018. 

Dikatakan Kepala Bidang Kominfo, Rahadian, kegiatan penerapan literasi digital pada anak sekolah di Kabupaten Pasangkayu ini, merupakan wujud dari tugas dan fungsi Dinas Kominfo, Persandian dan statistik dalam memberikan edukasi (pendidikan) kepada siswa-siswa sekolah dalam menangkal penyebaran konten negatif serta penyebarluasan hoax dikalangan anak sekolah dan juga memberikan arahan kepada anak sekolah untuk mengkampanyekan internet positif dikalangan anak sekolah.

"Kegiatan ini kami laksanakan dikarenakan maraknya penyebarluasan berita bohong (hoax) melalui internet serta akses bebas anak sekolah dalam menggunakan internet," ujarnya.

Sementara itu Kadis Kominfo, Persandian dan Statistik, Dasteri, menuturkan, adapun acara tersebut kami laksanakan di SMK Negeri 1 Bambalamotu dan SMK Neger 1 Pasangkayu, dimana bentuk kegiatan meliputi edukasi tentang literasi digital dan cara menangkal hoax serta sosialisasi tentang Undang-undang Informasi Transaksi Eletronik (ITE).

"Kami berharap, dengan terlaksananya kegiatan ini, agar anak sekolah di Kabupaten Pasangkayu dapat menjadi salah satu volunteer (pekerja sukarelawan) dalam mengkampanyekan internet positif dan menangkal penyebarluasan hoax," tutupnya.
(rdk/LS)

No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.