Cari di Blog Ini

Followers

Wednesday, November 4, 2020

Desa Bamba Puang, Mamasa, Bangun Pipa Irigasi

Baca Juga


Oktovianus, S.Sos, Kades Bamba Puang
 

MAMASA, LENTERASULAWESI  - Untuk tahun anggaran 2020 ini,  masyarakat Desa Bamba Puang,  Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), terlihat  pada tanggal 2 November 2020, masyarakat  sangat  antusias mengerjakan pembangunan dan pemasangan pipa di dusun Tondok Bakaru.

Kepala Desa Bamba Puang,  Oktovianus, S. Sos kepada  jurnalis saat ditemui di Dusun Tondok  Bakaru, saat sementara  mengawasi  masyarakat yang sementara mengerjakan pemasangan pipa irigasi, mengatakan, bahwa anggaran yang di gunakan adalah Dana Desa (DDS) tahun 2020 sebesar  Rp.376.576.100.

Untuk pembangunan irigasi sepanjang 337 meter dan pemasangan pipa sepanjang 1095 meter pelaksana pekerjaan TPK Desa Bamba Puang. Pembangunan irigasi dan pemasangan pipa dikerjakan oleh masyarakat Bamba Puang sebagai  pemberdayaan sekitar 108 orang.

Upa dibayarkan dari dana desa sebesar Rp.180.000/meter /orang upah tersebut diatas dari HOK karena mengacu pada peraturan kementerian tujuannya untuk menanggulangi dampak covid - 19.

Selain itu dilaksanakan pembersihan dengan upah Rp.7000.000.Pada masa pandemi 53 kepala keluarga  (KK) masyarakatnya kebagian bantuan langsung tunai  (BLT).

Pada tahun 2018 lalu Desa Bamba puang membangun jalan tani sepanjang 1000 meter (satu) kilometer,  luas satu meter setengah sehingga kendaraan roda dua (motor ) bisa lewat kalau berpapasan ditengah jalan tani

Badan usaha milik desa  (BUMDES) berjalan baik yang bergerak dibidang penjualan pupuk, perkreditan,  simpan pinjam dan kebutuhan masyarakat lainnya.

Semua pekerjaan yang dilaksanakan tidak luput dari pengawasan kepala desa Bamba puang.sebelum pekerjaan ditetapkan dalam perencanaan terlebih dahulu diadakan musyawarah pembangunan desa (Musrembang) apa yang disepakati itu yang dikerjakan karena itu semua pekerjaannya berjalan lancar

Setiap item pekerjaan berdasarkan RAB serta sesuai petunjuk teknis (juknis) seperti pemasangan  papan informasi dipasang terlebih dahulu sebelum pekerjaan dimulai jadi transparan

Oktovianus tambahkan dana yang masuk di Desa Bamba puang tahun 2020 yakni Dana Desa  (DDS) Rp.786.juta anggaran dana desa  (ADD ) Rp.285 juta.bantuan dari Bupati Mamasa Dr.H.Ramlan Badawi, MH sebesar Rp.57 juta serta pendapatan asli desa  (PAD) digunakan membayar intensif pengelola irigasi.

(Marthen /Andi Udhin/LS)




No comments:

Post a Comment

Komentar

Hak Cipta: @lenterasulawesi . Powered by Blogger.